Rabu, 30 Maret 2016

Karangan Paragraf Generalisasi, Paragraf Analogi, Paragraf Hubungan Kausal (Akibat ke Akibat)

1.    Generalisasi
       Peraturan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik terus dipromosikan pemerintah dan lembaga-lembaga sosial untuk mengubah perilaku masyarakat luas. Tetapi masih banyak masyarakat yang tidak mengikuti peraturan dan tetap menggunakan kantong plastik untuk berbelanja, dengan alasan tidak mau susah membawa tas sendiri untuk menaruh barang belanjaan. Penetapan harga kantong plastik juga tidak membuat masyarakat untuk menggunakan tas sendiri untuk bebelanja. Bisa dibilang peraturan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik  masih belum efektif mengubah perilaku masyarakat.

2.     Analogi
        Kaleng yang kosong jika di pukul pasti akan mengeluarkan bunyi yang nyaring. Hal itu dikarenakan isi kaleng hanya ada ruang udara kosong tanpa benda didalamnya, sehingga jika dibunyikan akan terdengar nyaring dari luarnya. Hal yang sama juga terjadi pada setiap orang, jika seseorang tidak mempunyai pengetauan pada dirinya, dia akan mengeluarkan perkataan yang seadanya tanpa ada ilmunya. Jadi orang yang pintar berbicara dengan asal tanpa ilmu itu tidak mempunyai pengetahuan apa-apa dalam dirinya.

3.     Hubungan Kausal (Akibat ke Akibat)
        Warga yang tinggal di tepi kali wilayah Jakarta banyak yang membuang sampah rumah tangga langsung ke kali. Karena hal itu kali meluap ketika hujan turun dan menyebabkan banjir yang tinggi. Musibah banjir yang terjadi mengakibatkan para warga harus mengungsi ke tempat lain yang tidak terkena banjir dan kegiatan sehari-hari terganggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar