Rabu, 30 Maret 2016

Menganalisis Berita Online


Berita Online Kompas.com dengan judul “Sekarang, Industri Jamu Hadapi Dua Tantangan” yang update pada Rabu, 30 Maret 2016 pukul 19:35 WIB, dapat dianalisis sebagai berikut :

      1.      Paragraf Deduktif/Induktif
Dari awal berita ini diketahui menjelaskan permasalahan-permasalan khusus, seperti paragraf pertama pada kalimat “Raut wajah Masyhari memancarkan kesan optimistik tatkala membicarakan perkembangan industri jamu. Pria kelahiran Demak 9 Juni 1962 ini lancar berbicara mengenai industri yang digelutinya sejak dirinya duduk di bangku kelas 3 SMA di Jakarta.” Dilanjutkan dengan paragraf-paragraf selanjutnya yang masih menjelaskan ke hal khusus mengenai industri jamu milik pribadi.
Sampai di akhir paragraf diketahui menjelaskan permasalahan yang bersifat umum, dengan kalimat “Industri jamu juga sudah mampu menyerap banyak tenaga kerja baik langsung maupun tidak langsung. Dengan nilai-nilai tambah ini, Masyhari berharap pemerintah memberi perhatian lebih besar agar industri jamu tidak terancam kebangkrutan lantaran terbebani oleh banyaknya peraturan.” Paragraf tersebut menjelaskan tentang industri jamu di Indonesia.
Dari penjelasan diatas, didapat bahwa pola paragraf berita ini termasuk paragraf Induktif yang berarti paragraf yang diawali dengan menjelaskan permasalahan-permasalahan khusus yang diakhiri dengan kesimpulan yang berupa pernyataan umum.

      2.      Wujud Evidensi (Data/Informasi)
-          Data
Dari berita ini didapat berupa data pada paragraf :
·         Paragraf ke 4 dengan kalimat "Belanja iklan harusnya antara 20 persen sampai dengan 25 persen dari penjualan."
·         Paragraf ke 5 dengan kalimat “Apalagi, dengan kenyataan bahwa mayoritas dari 1.200 perusahaan jamu nasional masuk dalam kategori usaha menengah ke bawah.”
·         Paragraf ke 7 dengan kalimat “Masyhari juga mengingatkan bahwa industri jamu dalam usahanya sudah memberikan sumbangan pendapatan bagi negara hingga Rp 15 triliun.”
-          Informasi
Dari berita ini didapat berupa data pada paragraf :
·         Paragraf ke 1 dengan kalimat “Sejak 2011 sampai dengan 2015, Masyhari adalah Ketua Pengurus Harian Gabungan Pengusaha (GP) Jamu DKI Jakarta.”
·         Paragraf ke 1 dengan kalimat “Tahun ini, dia didapuk menjadi Ketua Panitia Musyawarah Daerah (Musda) V GP Jamu DKI.”
·         Paragraf ke 6 dengan kalimat “Waktu itu, sekitar 1980-an, produk yang sudah dilemparnya ke pasaran Ibu Kota, justru disita oleh pihak Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).”

      3.      Kesimpulan (Inferensi/Implikasi)
Dari berita ini diketahui kesimpulan yaitu berupa implikasi (sifat melibatkan), karena para pengusaha jamu dan pemerintah berperan penting dalam industri jamu nasional dan secara langsung melibatkan permasalahannya dalam berita ini.

      4.      Cara Menguji Data

Dari berita ini diketahui cara menguji data yaitu hanya dengan wawancara. Reporter mewawancarai secara langsung narasumber yaitu Masyhari sebagai Ketua Gabungan Pengusaha (GP) Jamu DKI Jakarta periode 2011-2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar