Kamis, 21 April 2016

SKRIPSI, TESIS, DISERTASI

    1.      SKRIPSI
APRISTA YUWANITA

0512O1O229

Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

PENGARUH PENGALAMAN PEMASARAN TERHADAP
LOYALITAS PELANGGAN DI BURGERMAN
SURABAYA

ABSTRAK

Burgermen merupakan usaha di bidang jasa yang menjual makanan burger dalam bentuk nyata dan memberikan layanan serta fasilitas kepada pelanggan. Untuk mengatasi persaingan yang ketat pihak burgerman harus mempunyai sesuatu yang khusus dalam memasarkan produknya dengan menggunakan pengalaman pemasaran. Dalam melaksanakan pengalaman pemasaran Burgerman melibatkan sisi emosi pelanggan agar merasa nyaman selama mereka membeli makanan burger ditempat itu. Dengan adanya keterlibatan sisi emosi pelanggan dalam melakukan pembelian makanan burger, maka para pelanggan akan mendapatkan pengalaman menarik selama mereka membeli produk di Burgerman. Pengalaman menarik yang di dapat pelanggan tersebut sangat mendukung pelanggan untuk menjadi loyal. Tujuan dari penelitian ini adalah pengaruh pengalaman pemasaran terhadap loyalitas pelanggan di Burgerman Surabaya. Model yang digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM), dengan menggunakan satu variabel bebas yaitu pengalaman pemasaran (X1) dan satu variabel terikat yaitu loyalitas pelanggan (Y). Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengalaman pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dilakukan pembahasan mengenai hasil penelitian yang diperoleh, ditemukan hasil bahwa pengalaman pemasaran berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan di Burgerman Surabaya.

Keyword : Pengalaman Pemasaran, Loyalitas Pelanggan

     2.      TESIS
NI LUH PUTU PUSPITASARI

NIM 1291461024

PROGRAM MAGISTER PROGRAM STUDI ILMU EKONOMI PROGRAM  PASCASARJANA UNIVERSITAS UDAYANA DENPASAR

ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PUBLIKDI BADAN PELAYANAN PERIJINAN TERPADU KABUPATEN BADUNG

ABSTRAK

Pelayanan publik yang baik menjadi isu kebijakan yang strategis karena pelayanan publik sangat berimplikasi luas khususnya dalam memperbaiki kepercayaan kepada pemerintah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh variabel bukti fisik, daya tanggap, keandalan,jaminan dan empati terhadap kualitas pelayanan publik dalam pengurusan ijin usaha pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Badung, danUntuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan publik terhadap Pendapatan Asli Daerah  di Kabupaten Badung. Populasi penelitian ini adalah masyarakat yang telah mendapatkan pelayanan dibidang perijinan usaha untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Badung.Jumlah sampel sebanyak 100responden,pengambilannya secaraProportionate Stratified Random Sampling. Jenis data yang dikumpulkan adalah data primer dan dikumpulkan dengan penyebaran  kuesioner. Teknik analisis yang digunakan analisis deskriftif dan analisis faktor. Hasil analisis menunjukkan bahwa:dari limabelas variable terbagi menjadi tigafaktor danpengelompokannya adalah sebagai berikut : 1) Faktorkesediaan meliputi variabel kesediaan petugas, kelancaran komunikasi, pemberian solusi, kepastian jadwal, kejelasan Informasi, dan kecepatan proses, dengan nilai eigen sebesar 6,36 yang mampu menjelaskan indikator sebesar 42,37 persen. 2). Faktor kemampuan meliputi variabel keramahan petugas, kemampuan petugas, dan tanggung jawab petugas,dengan nilai eigen sebesar 1,75 yang mampu menjelaskan indikator sebesar 11,65 persen. 3) Faktor perhatian meliputi:Penataan Ruangan, Penampilan Petugas,Sarana Prasarana, Perhatian petugas, Keadilan perlakuan, dan keamanan dan kenyamanan,dengan nilai eigen sebesar 1,12 yang mampu menjelaskan indikator sebesar7,49persen Berdasarkan hasil analisis faktor, variabel kesediaan petugas adalah variabel yang paling mempengaruhi kualitas pelayanan publik dalam pengurusan ijin usaha pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu di Kabupaten Badung karena memiliki nilai koefisien (loadingfactor) tertinggi yaitu sebesar 0,80.Ini berarti kesediaan aparat pemberi layanan dalam membantu masyarakat pencari ijin khususnya untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengahsangat diperlukan dalam membentuk kualitas pelayanan publik yang baik,sehingga semakin banyak usaha yang ada, dan kesadarannya untuk melegalkan usahanya dengan melengkapi persyaratan perijinan yang berarti semakin tinggi kesadaran masyarakat  untuk membayar pajak. Dari penerimaan pajak tersebut secara langsung akan mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Badung.
Kata Kunci : Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Empati dan Kualitas pelayanan publik

     3.      DISERTASI
SULARTO, LANA

99104705

PASCA SARJANA ILMU EKONOMI (S3) UNIVERSITAS GUNADARMA

PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM PERIKLANAN DI INTERNET DAN PEMASARAN MELALUI E-MAIL TERHADAP PEMROSESAN INFORMASI PERIKLANAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI WILAYAH JABODETABEK

ABSTRAK

Internet mempunyai potensi besar sebagai media pemasaran dan perdagangan. Dalam bidang perdagangan, electronic commerce berkembang semakin cepat sebagai suatu bisnis dengan berbagai kemungkinan. Seiring dengan semakin meningkatnya transaksi e-commerce, pengiklan sangat tertarik dengan media baru ini. Internet memiliki banyak kelebihan dibanding media lainnya untuk tujuan periklanan. Indonesia dengan prosentase pertumbuhan belanja iklan tertinggi dibanding negara lainnya di Asia Pasifik, ternyata kurang memanfaatkan Internet sebagai media periklanan dibandingkan media periklanan lainnya seperti televisi, koran, majalah dan media lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pelaksanaan program periklanan di Internet dan pemasaran langsung melalui e-mail terhadap pemrosesan informasi periklanan serta implikasinya terhadap keputusan pembelian produk oleh para pengguna Internet. Program periklanan yang diteliti meliputi pelaksanaan penentuan segmen sasaran iklan, tujuan periklanan, pesan iklan serta pemilihan media periklanan, sedangkan pemasaran melalui e-mail yang diteliti meliputi pelaksanaan pemanfaatan e-mail untuk tujuan promosi serta e-mail yang terkait dengan pelayananan konsumen. Pelaksanaan program periklanan dan pemasaran melalui e-mail tersebut diukur menurut persepsi para pengguna Internet untuk mengukur pengaruhnya terhadap pemrosesan informasi periklanan yang terdiri dari 6 tahapan yaitu pemaparan, perhatian, pemahaman, persetujuan, mengingat dan minat beli. Keputusan pembelian yang diteliti meliputi tahapan keputusan pembelian produk oleh para pengguna Internet berdasarkan iklan yang diperoleh baik melalui situs web maupun melalui e-mail, yang terdiri dari 6 tahapan yaitu jangkauan, perhatian, pemahaman, interaksi, jaringan dan pembelian nyata. Pengembangan hipotesis dilakukan berdasarkan penggabungan antara model keputusan periklanan sebagai program periklanan, model pemasaran melalui email, model pemrosesan informasi dan model keputusan pembelian konsumen melalui Internet, yang diuji dengan menggunakan metode persamaan struktural (Structural Equation Method). Tiga hipotesis yang diuji adalah : (1) program periklanan melalui internet dan pemasaran melalui e-mail berpengaruh terhadap pemrosesan informasi periklanan oleh pengguna Internet; (2) program periklanan melalui internet dan pemasaran melalui e-mail berpengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian, maupun secara tidak langsung melalui tahap pemrosesan informasi; (3) pemrosesan informasi periklanan oleh pengguna Internet berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sampel penelitian ini adalah para pengguna Internet di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Jumlah responden penelitian adalah sebanyak 340 orang yang dipilih secara acak dengan ketentuan persyaratan responden yaitu para pengguna Internet yang telah berusia di atas 15 tahun, telah menggunakan Internet minimal selama satu tahun dan setidaknya menggunakan Internet melalui situs web dan juga menggunakan e-mail. Pengukuran variabel penelitiannya menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan program periklanan melalui internet dan pemasaran melalui e-mail berpengaruh terhadap pemrosesan informasi periklanan oleh para pengguna Internet. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian oleh para pengguna Internet di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
Kata kunci : program periklanan, pemasaran melalui e-mail, pemrosesan informasi, keputusan pembelian melalui Internet.

PERBEDAANNYA :

1.      METODE PENELITIAN
1.      SKRIPSI
Structural Equation Modeling (SEM)
(lebih sederhana)
2.      TESIS            
Teknik analisis yang digunakan analisis deskriftif dan analisis faktor
(metode lanjut)
3.      DISERTASI 
Metode persamaan struktural (Structural Equation Method)
(metode lebih kompleks, berbobot yang bertujuan mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan)

2.      HASIL
1.      SKRIPSI
Hasil bahwa pengalaman pemasaran berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan di Burgerman Surabaya.       
(hasil data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan)
2.      TESIS            
Berdasarkan hasil analisis faktor, variabel kesediaan petugas adalah variabel yang paling mempengaruhi kualitas pelayanan publik dalam pengurusan ijin usaha pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu di Kabupaten Badung karena memiliki nilai koefisien (loadingfactor) tertinggi yaitu sebesar 0,80. Ini berarti kesediaan aparat pemberi layanan dalam membantu masyarakat pencari ijin khususnya untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengahsangat diperlukan dalam membentuk kualitas pelayanan publik yang baik,sehingga semakin banyak usaha yang ada, dan kesadarannya untuk melegalkan usahanya dengan melengkapi persyaratan perijinan yang berarti semakin tinggi kesadaran masyarakat  untuk membayar pajak. Dari penerimaan pajak tersebut secara langsung akan mempengaruhi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Badung.
(hasilnya selain didukung oleh data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan, juga harus dibandingkan dengan hasil penelitian lain yang sejenis)
3.      DISERTASI 
Secara simultan program periklanan melalui internet dan pemasaran melalui e-mail berpengaruh terhadap pemrosesan informasi periklanan oleh para pengguna Internet. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa secara simultan ketiga variabel tersebut berpengaruh terhadap keputusan pembelian oleh para pengguna Internet di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.
(hasilnya selain didukung oleh data yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan, juga harus dibandingkan dengan hasil penelitian lain yang sejenis)

3. MANFAAT PENELITIAN
1.      SKRIPSI
Bagi Peneliti, Bagi Perusahaan, Bagi Lembaga
(tidak selalu memiliki manfaat yang merupakan penemuan-penemuan baru)
2.      TESIS
Manfaat teoritis dan Manfaat praktis
(diharuskan memiliki manfaat yang merupakan penemuan-penemuan baru)
3.      DISERTASI
      -
      (diharuskan memiliki manfaat yang merupakan penemuan-penemuan baru)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar