1. a. Pengertian Jenjang Sosial
c. Pengukuran Kelas Sosial
Pemasaran pada segmen pasar
berdasarkan kelas sosial berbeda – beda sesuai dengan kelas sosial yang ingin
di tuju. Bisa dilihat apabila ingin memasarkan suatu produk yang mempunyai
kelas sosial yang tinggi biasanya menggunakan iklan yang premium atau bisa di
bilang lebih eksklusif karena dapat diketahui bahwa orang – orang yang berada
di kelas sosial atau memiliki status sosial yang tertinggi, mereka lebih
memilih produk yang higienis, terbaru, bermerk, dan kualitas yang sangat bagus.
Berbeda
apabila pemasaran dilakukan untuk orang – orang yang berada pada kelas sosial terendah. Penggunaan iklan pun kurang di gencarkan dan biasanya malah lebih
menggunakan promosi yang lebih kuat, karena kelas sosial yang rendah lebih
banyak mementingkan sebuah kuantitas suatu produk dengan harga yang murah. Jadi
berbeda sekali pemasaran yang dilakukan apabila melihat dari posisi kelas
sosial yang ada. Untuk
mencapai hasil pemasaran yang optimal, kita pertama kali harus terlebih dahulu
melakukan segmentasi pasar atas produk yang akan kita jual. Segmentasi pasar
pada intinya membagi potensi pasar menjadi bagian-bagian tertentu, bisa
berdasarkan pembagian demografis, berdasarkan kelas ekonomi dan pendidikan
ataupun juga berdasarkan gaya hidup (psikografis). Pembagian segmen yang paling
lazim dilakukan adalah berdasarkan kelas sosial ekonomi. Sebagai misal,
pembagian yang sering dilakukan adalah membagi lapisan pasar menjadi empat
kelas : misal kelas C (le;as ekonomi rendah), kelas B (mengengah), kelas AB
(mengengah atas), dan kelas A (golonagn atas).
3.
Jelaskan
pengertian difusi serta elemen pokoknya !
- Difusi :
Proses komunikasi inovasi antara warga masyarakat (anggota sistem
sosial), dengan menggunakan saluran tertentu dan dalam waktu tertentu. difusi dapat merupakan salah
satu tipe komunikai yakni komunikasi yang mempunyai ciri pokok, pesan yang
dikomunikasikan adalah hal yang baru (inovasi).
- Elemen Pokok :
1. Inovasi : ialah suatu ide, barang,
kejadian, metode yang diamati sebagai suatu yang baru bagi seseorang atau
sekelompok orang, baik berupa hasil invensi atau diskoveri yang diadakan untuk
mencapai tujuan tertentu.
2. Komunikasi dengan saluran tertentu : Komunikasi
dalam difusi inovasi ini diartikan sebagai proses pertukaran informasi antara
anggota sistem sosial, sehingga terjadi saling pengertian antara satu dengan
yang lain.
3. Waktu : elemen yang penting dalam proses
difusi, karena waktu merupakan aspek utama dalam proses komunikasi.
4. Sistem social : kumpulan unit yang berbeda
secara fungsional dan terikat dalam kerjasama untuk memecahkan masalah dalam rangka
mencapai tujuan bersama.
4.
Berikan contoh suatu
difusi produk !
Yaitu produk sabun detergen, yang berinovasi dari hanya detergen untuk
mencuci baju biasa sampai untuk pakaian berwarna, pakaian putih polos, sampai
dengan detergen untuk mencuci pakaian dengan mesin cuci.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar