1. MODEL PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
2. TAHAPAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
KETERANGAN :
1.
Pengenalan
Masalah = Proses membeli dengan pengenalan masalah atau
kebutuhan pembeli menyadari suatu perbedaan antara
keadaan yang sebenarnya dan keadaan yang diinginkanya.
2.
Pencarian
Informasi = Seberapa jauh orang tersebut mencari informasi tergantung
pada kuat lemahnya dorongan kebutuhan, banyaknya
informasi yang dimiliki, kemudahan memperoleh
informasi, tambahan dan kepuasan yang diperoleh dari kegiatan
mencari informasi.
3.
Evaluasi
Alternatif = Informasi
yang didapat dari calon pembeli digunakan
untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai alternatif-alternatif yang dihadapinya serta daya tarik masing-masing
alternatif.
- Kriteria
Evaluasi = Kriteria evaluasi berisi dimensi atau atribut
tertentu yang digunakan dalam menilai alternatif-alternatif pilihan.
- Menentukan
Alternatif Pilihan = Konsumen memproses informasi dari
beberapa informasi danmembuat pertimbangan untuk memuaskan kebutuhan, konsumen
mencari manfaat produk dan memandang produk sebagai suatu rangkaian atribut,
atribut yang menonjol dianggap penting
- Menaksir
Alternatif Pilihan = Menaksir alternatif pilihan adalah
kegiatan mentaksir atau memprediksi pilihan alternatif setelah pilihan awal
tidak berhasil dicapai, kegiatan ini berfungsi sebagai rencana jaga-jaga jika
ada pilihan yang tidak berhasil.
- Menyeleksi
Aturan Pembelian Keputusan = Dalam mengambil keputusan terdapat
beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang paling utama adalah yang paling
maksimal dakam memenuhi berbagai kriteria yang dapat di capai oleh produk.
4.
Keputusan
Pembelian = Produsen harus memahami bahwa konsumen mempunyai cara sendiri dalam menangani informasi yang
diperolehnya dengan membatasi alternatif-alternatif
yang harus dipilih atau
dievaluasi untuk menentukan
produk mana yang akan dibeli.
5.
Perilaku Pasca
Pembelian = Apabila
barang yang dibeli tidak memberikan
kepuasan yang diharapkan, maka pembeli akan merubah sikapnya terhadap
merek barang tersebut menjadi sikap
negatif, bahkan mungkin akan menolak dari daftar pilihan. Sebaliknya bila
konsumen mendapat kepuasan dari barang
yang dibelinya maka keinginan untuk membeli terhadap merek barang
tersebut cenderung untuk menjadi lebih kuat.
3. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
Izin bertanya kak bagan pengambilan keputusan ini dibuat oleh siapa kak atau kaka sndiri?
BalasHapus