Sabtu, 07 November 2015

BAGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN





1. MODEL PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
2. TAHAPAN PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN



KETERANGAN :
    1.      Pengenalan Masalah = Proses membeli dengan pengenalan masalah atau kebutuhan pembeli menyadari  suatu  perbedaan  antara  keadaan  yang  sebenarnya  dan keadaan yang diinginkanya.
     2.      Pencarian Informasi = Seberapa  jauh  orang tersebut mencari informasi tergantung pada kuat lemahnya dorongan kebutuhan,   banyaknya   informasi   yang  dimiliki,  kemudahan memperoleh informasi, tambahan dan kepuasan yang diperoleh dari kegiatan  mencari  informasi.
      3.      Evaluasi Alternatif = Informasi  yang  didapat  dari  calon  pembeli  digunakan  untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai alternatif-alternatif yang dihadapinya serta daya tarik masing-masing alternatif.

-       Kriteria Evaluasi = Kriteria evaluasi berisi dimensi atau atribut tertentu yang digunakan dalam menilai alternatif-alternatif pilihan.
-      Menentukan Alternatif Pilihan = Konsumen memproses informasi dari beberapa informasi danmembuat pertimbangan untuk memuaskan kebutuhan, konsumen mencari manfaat produk dan memandang produk sebagai suatu rangkaian atribut, atribut yang menonjol dianggap penting
-    Menaksir Alternatif Pilihan = Menaksir alternatif pilihan adalah kegiatan mentaksir atau memprediksi pilihan alternatif setelah pilihan awal tidak berhasil dicapai, kegiatan ini berfungsi sebagai rencana jaga-jaga jika ada pilihan yang tidak berhasil.
-         Menyeleksi Aturan Pembelian Keputusan = Dalam mengambil keputusan terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, yang paling utama adalah yang paling maksimal dakam memenuhi berbagai kriteria yang dapat di capai oleh produk.

      4.      Keputusan Pembelian = Produsen harus memahami bahwa konsumen mempunyai cara sendiri dalam menangani informasi yang diperolehnya dengan membatasi alternatif-alternatif   yang   harus   dipilih   atau   dievaluasi   untuk menentukan produk mana yang akan dibeli.
     5.      Perilaku Pasca Pembelian = Apabila  barang  yang  dibeli  tidak  memberikan  kepuasan  yang diharapkan, maka pembeli akan merubah sikapnya terhadap merek barang tersebut menjadi sikap negatif, bahkan mungkin akan menolak dari daftar pilihan. Sebaliknya bila konsumen mendapat kepuasan dari barang yang dibelinya maka keinginan untuk membeli terhadap merek barang tersebut cenderung untuk menjadi lebih kuat.

   3. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI

1 komentar:

  1. Izin bertanya kak bagan pengambilan keputusan ini dibuat oleh siapa kak atau kaka sndiri?

    BalasHapus