Minggu, 29 Maret 2015

RATUSAN BAHASA DALAM 1 NEGARA

Indonesia merupakan negara ke 2 yang masuk dalam negara dengan bahasa terbanyak di dunia, ada sekitar kurang lebih 742 bahasa yang dipergunakan di berbagai daerah di Indonesia. 742 bahasa? Ya, itu angka yang cukup "wah", terlepas dari angka yang besar itu, Indonesia memang mempunyai banyak suku sehingga setiap sukunya mempunyai bahasa masing-masing. Contohnya ada bahsa Jawa yang digunakan oleh masyarakat pulau Jawa, ada bahasa Betawi yang digunakan masyarakat Jakarta, ada bahasa Sunda yang digunakan masyarakat Jawa Barat, ada bahasa Melayu, Bugis dan lain-lain sebagainya. Bahasa-bahasa daerah itu, mereka para masyarakat gunakan untuk berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari dalam suatu suku/daerah/wilayah.

Ya, Indonesia memang dikenal "kaya" di Dunia. Selain bahasa Indonesia juga kaya akan berbagai macam kulinernya, pulau, rempah-rempah dan lain sebagainya. Walaupun Indonesia mempunyai ratusan bahasa daerah yang digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari, tetapi tetap bahasa resmi negara ini adalah Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia lah yang mempersatukan ratusan juta penduduk Indonesia, seperti di tulis dalam Sumpah Pemuda yang berisi : 
Sumpah Pemuda
Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tahah Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa darah yang satu, bangsa Indonesia
Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Dengan itu semua, Kita sebagai penduduk Indonesia seharusnya bangga terhadap bangsa ini. Dengan semua yang ada di Indonesia Kita harus menjaga dan mengamalkan peninggalan dari para leluhur, jangan sampai semua ini diambil alih oleh bangsa-bangsa lain. Dari 742 bahasa yang dipergunakan, jangan sampai bahasa resmi Indonesia dilupakan dan ditinggalkan, sebaliknya 742 bahasa daerah Indonesia juga jangan dilupakan dan ditinggalkan. Kita harus saling menjaga semua yang dimiliki bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar