Kamis, 26 Maret 2015

PENDIDIKAN DI INDONESIA

Pasti semua orang setuju kalau pendidikan itu penting, ya termasuk Saya. Bagi Saya pendidikan itu sangatlah penting, pendidikan formal maupun non formal ke dua itu sangatlah penting untuk masa depan seseorang. Orang yang berpendidikan pasti akan berfikir jauh dari pada orang yang tidak atau kurang berpendidikan, dalam hal ucapan maupun tindakan.

Di Indonesia ini orang yang berpendidikan termasuk masih kurang, kenapa? Banyak faktor untuk menjelaskannya, contohnya bisa karna biaya sekolah mahal, akses ke sekolah jauh, dan lain sebagainya. Di daerah-daerah misalnya, banyak anak-anak yang tidak bersekolah karna jarak sekolah dari tempat tinggalnya cukup jauh dan akses jalan yang dilewati juga bisa dibilang berbahaya, ada yang melewati hutan-hutan, jalanan rusak parah bahkan sungai yang cukup deras. Sekolah-sekolah di daerah juga minim fasilitas dan pengajar, para guru-guru yang mengajar di sekolah-sekolah daerah tidak banyak, fasilitas-fasilitas seperti laboratorium, perpustakaan, internet dan lain-lain juga minim.

Kalaupun anak-anak bersekolah, banyak mereka juga tidak dapat melanjutkan pendidikan 
selanjutnya, karena biasanya jika lulus SD dan melanjutkan ke SMP tetapi jarak SMP itu yang jauh, mereka harus ke kota dulu untuk mendapatkan SMP yang ada, seperti halnya SMP melanjutkan ke SMA. Biasanya juga sekolah di kota itu lebih mahal, sehingga banyak orang tua yang tidak sanggup untuk membiayai sekolah anaknya.

Faktor lain yaitu biaya, biaya sekolah untuk sekarang itu termasuk cukup mahal. Di daerah maupun di kota besar tidak semua sekolah gratis, walaupun banyak sekolah negeri yang gratis tetapi itu tidak benar-benar gratis, untuk pakaian seragam, buku-buku maupun perlengkapan penunjang  lainnya tetap harus dengan biaya sendiri. Untuk di kota besar seperti Jakarta ini banyak orang tua yang mengeluhkan biaya sekolah anak-anaknya, karna tingakat kehidupan di kota besar ini juga tinggi sehingga dengan menyekolahkan anak-anaknya termasuk membuat beban orang tua.

Di lain hal, banyak juga sekolah-sekolah yang mempunyai standar tinggi dalam kegiatan belajar mengajar maupun fasilitasnya. Di beberapa sekolah itu tidak diragunakan lagi kredibilitasnya dan murid-murid disana juga berasal dari keluarga mampu karena memang sekolah-sekolah itu mempunyai biaya yang mahal. Sekolah – sekolah itu tidak sedikit yang mempunyai standar internasional, yang dalam kegiatan belajar mengajarnya menggunakan bahasa asing. Di Indonesia juga banyak lembaga pendidikan yang menawarkan beasiswa-beasiswa kepada pelajar, tetapi tidak semua pelajar berhak mendapatkan beasiswa itu karena ada syarat-syarat yang harus dipenuhi.


Tentu saja, dengan banyak sekolah yang tidak terjangkau dalam hal akses maupun biaya, sehingga para orang tua juga harus berfikir berkali-kali untuk menyekolahkan anak-anaknya dari awal maupun selanjutnya. Karna itu, pendidikan di Indonesia sangat kurang saat ini , anak-anak di Indonesia menjadi kurang wawasannya dalam hal pendidikan di sekolah karena faktor biaya yang tidak terjangkau. Untuk itu pemerintah seharusnya lebih mengedepankan dalam bidang pendidikan, sehingga anak-anak Indonesia dapat mempunyai pendidikan yang sesuai dan dapat bersaing di Internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar